Jenis Backlink Yang Baik Untuk SEO ------------- Check BackLink di Web/ Blog ------------- Free Ecommerce Blog dengan Send SMS

Cara Mengoptimalkan Halaman Blog


Cara Mengoptimalkan Halaman Blog


Cara Membuat Halaman Blog menjadi Optimal, dan yang saya maksud menjadi Optimal disini adalah membuat Halaman tersebut terlihat sempurna di mata Search Engine, dan tentunya secara langsung akan mendorong Halaman Blog tersebut untuk berada pada Halaman Pertama milik Google.

Namun ada yang Special pada Artikel kali ini. Apa yang membuatnya Special ?

Yap, yang special pada post kali ini adalah Gambarnya, karena hanya dengan Membaca Gambar yang saya ambil dari Moz ini, berarti Anda sudah membaca inti sari dari Artikel yang saya buat ini.

Dan, berikut penampakan Gambarnya :

Saya yakin banyak dari Anda dengan mudah mencerna maksud dari Gambar diatas, namun sebagian lagi mungkin juga akan kesulitan, karena bahasanya yang tak bersahabat dengan lidah orang Indonesia (jawa khususnya).

Untuk itulah saya akan mencoba menjelaskan bagian terpenting dari setiap poin yan ada pada Gambar diatas.

  1. Memberikan UX Yang Fenomenal

    Apa sih UX ? UX itu hanyalah singkatan dari User Xperience atau Pengalaman User ketika berada di Blog Anda.

    Nah, selain kita harus menyuguhkan konten yang berkualiatas, namun kita juga harus memberikan sesuatu yang “beda” sehingga setelah pengunjung selesai membaca dan meninggalkan Blog Anda, mereka tidak begitu saja melupakan Blog Anda, melainkan masih ada ingatan (sesuatu yang beda tadi) yang membuat (memaksa) mereka untuk kembali mengunjunginya.

  2. Mudah Diakses oleh Crawler atau Spider Bot

    Tidak ingin kan Konten atau Artikel yang Anda buat dengan susah payah, tidak terindex oleh Google Spider Bot ? hanya, karena masalah sepele, yaitu terlalu banyak menggunakan JavaScript ? inilah pentingnya dimamana Anda harus mengetahui apa saja yang membuat Blog Anda dijauhi oleh Google Spider atau dengan kata lain Hal Yang Membuat Blog Anda Dibenci Google Spider.

  3. Keyword Yang Terarah

    Dalam penulisan Keyword atau Kata Kunci pun tak harus selalu berada di dalam Artikel, melainkan juga “menjalar” ke semua aspek dalam Blog, misalnya :

    • Judul Halaman

      Judul Halaman tentunya berbeda dengan Judul Artikel, yang dimaksud dengan Judul Halaman adalah Judul yang akan muncul pada SERP ( gabungan Judul Blog + Judul Artikel ). Disinilah Anda harus jeli mengatur penulisan Judul Halaman, dan jangan sampai, saat si pembaca berada di Halaman Artikel, Blog Anda terkesan menonjolkan Judul Blog (judul Blog ditulis dengan H1).

    • Penulisan URL

      Ini tentunya hanya untuk Anda yang menggunakan Self Hosting.

      Karena, pada dasarnya penulisan URL yang sekaligus bisa menjadi Keyword adalah sebagai berikut :

      Format Keyword URL
      http://www.url.com/kategori-keyword/subkategori-keyword/keyword-utama.html

      Untuk, contoh pendeklarasiannya sendiri kurang lebih sebagai berikut :

      Contoh: Format Keyword URL
      http://www.blogsaos.blogspot.com/cara-mengoptimalkan-halaman-blog.html

    • Alt dan Title

      Penambahan Keyword juga bisa melalui Gambar, yap dengan menggunakan Tag Alt dan Title. Namun yang perlu Anda ingat, adalah jangan pernah “membombardir” Gambar tersebut dengan full keyword, karena ini justru akan merugikan Anda utamanya pada Google Image.

      Solusinya cukup dengan mengisi Main Keyword atau Keyword Utama dan tidak perlu “embel-embel lain”.

  4. Sertakan Nama Penulis dan Rich Snippet

    Kembali pada pembahas Gambar diatas. Google memang tak main-main tentang anjuran untuk menyertakan rel=author dan rel=publisher pada setiap Blog atau Situs Web.

    Untuk Rich Snippet, Google pun sudah menyediakan banyak sekali pilihan, dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan schema.org.
Untuk membuat ini lebih mudah Anda pahamai, berikut saya berikan Tips singkat agar Halaman Blog Semakin Optimal : “ Buatlah Blog Agar Layak Untuk Dibagikan ”


0 comments:

Posting Komentar